Tim Inti

mas agung

Pri Agung Rakhmanto

Dikenal sebagai ahli ekonomi energi, khususnya minyak dan gas bumi, dengan pengalaman luas di dunia industri, birokrasi, akademisi dan riset, dan juga organisasi non-pemerintah. Doktor (Ph.D) dari Universiteit Twente, Belanda, di bidang Ekonomi Politik dengan spesialisasi sektor energi; Master of Science (MSc) dari Colorado School of Mines, USA, di bidang Ekonomi Energi dan Sumberdaya Mineral; Master of Business Administration (MBA) dari Universiteit Twente, Belanda, di bidang Manajemen Energi dan Lingkungan; dan Sarjana Teknik (ST) dibidang Teknik Perminyakan dari Institut Teknologi Bandung.

Kepakarannya di bidang ekonomi energi telah banyak digunakan untuk memberikan masukan dan pemikiran solusi atas berbagai permasalahan yang ada di pemerintahan maupun dunia industri. Aktif menjadi narasumber dalam berbagai forum nasional dan internasional dan terlibat aktif dalam perumusan dan rekomendasi berbagai kebijakan di bidang energi. Anggota Kelompok Kerja Bidang Energi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Anggota Dewan Pakar (2014 – 2016) dan saat ini Ketua I Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI).

Pendiri dan sekaligus Direktur Eksekutif ReforMiner Institute (Research Institute for Mining and Energy Economics) periode 2008 – 2014. Saat ini menjadi penasehat ReforMiner Institute dan aktif sebagai Pengajar Ekonomi Energi/Minyak dan Gas Bumi di program Pascasarjana dan Sarjana Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti. Menjadi rujukan berbagai media nasional dan internasional dalam bidang ekonomi dan kebijakan energi, aktif menjadi pembicara di berbagai seminar dan forum diskusi, dan pengisi kolom di sejumlah media cetak utama nasional.

 

komaidi

Komaidi Notonegoro

Komaidi Notonegoro, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute sejak 2014-saat ini. Sebelumnya menjabat Deputi Direktur Eksekutif ReforMiner Institute. Ahli ekonomi energi dan perencanaan fiskal-keuangan negara. Menguasai pemodelan ekonomi energi dan mahir di dalam penerapan ilmu ekonometrik penggunaan perangkat lunak. Berpengalaman dalam kegiatan penelitian sejak lama dan beberapa kali memenangi kompetisi karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Bank Indonesia. Lulusan terbaik program Magister Ilmu Ekonomi (ME) Universitas Trisakti dan lulusan terbaik program Sarjana Ekonomi (SE) Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Saat ini tercatat sebagai pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. Sebelumnya berkarir sebagai peneliti di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Tenaga Ahli di Komisi VII DPR RI. Menjadi rujukan media nasional dan narasumber di berbagai seminar dan forum diskusi terkait kebijakan energi, pertambangan, dan pengelolaan keuangan negara. Menjadi pengisi kolom pakar dan kolom opini di sejumlah media utama nasional.

IMG_6986

Zainal Arifin

Zainal Arifin, Deputi Direktur Eksekutif ReforMiner Institute sejak 2014-saat ini. Spesialisas di bidang perpajakan, analisa dan penyajian laporan keuangan. Sebelumnya berpengalaman sebagai auditor di salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) ternama di Indonesia, dan berpengalaman sebagai Konsultan Pajak spesialisasi bidang kebijakan dan kepatuhan perpajakan di salah satu Kantor Konsultan Pajak (KKP) ternama di Indonesia. Sempat berkarir di PT Bursa Efek Indonesia sebagai analis transaksi obligasi dan aspek fiskal.

Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Ekonomi Akuntansi dari Asia Banking and Finance Perbanas Institute Jakarta. Menempuh pendidikan Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Semarang. Saat ini aktif sebagai Tenaga Ahli (TA) di Komisi VII DPR RI.

pipien

Pipien Imaroh Nusaibah

Pipien Imaroh Nusaibah, Manajer Program dan peneliti ReforMiner Institute. Spesialis di bidang ekonomi moneter, ekonomi publik dan formulasi keterkaitan antara sektor moneter, ekonomi publik, dan sektor energi.

 

Mahir dalam aplikasi ekonometrika dan penggunaan perangkat lunak, termasuk di dalam proyeksi perkembangan kebutuhan energi masyarakat berdasarkan basis demografi, perubahan kebijakan publik, dan arus perdagangan internasional. Sarjana Ekonomi (SE) dari Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Airlangga.

t

Tito Krishna Airlangga

Tito Krishna Airlangga, peneliti ReforMiner Institute. Memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST) dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Menguasai konsep-konsep Geologi khususnya yang berkaitan dengan geologi minyak dan gas bumi seperti sedimentologi dan stratigrafi. Memiliki keahlian dalam melakukan analisis yang berkaitan dengan ilmu kebumian.

prianto

Prianto

Prianto, admin ReforMiner Institute. Sedang menyelesaikan program S1 Bidang Manajemen Informatika di Bina Sarana Informatika.